Breaking News

Menilik Sejarah Terciptanya Karakter GatotKaca di Game yang Sedang Hits!



Karakter baru dari seri pahlawan (hero) di game terlaris ‘Mobile Legends’ yakni GatotKaca resmi meluncur. Karakter hero ini diciptakan sebagai apresiasi terhadap budaya Indonesia, tak luput mereka juga sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia pada dunia.
Moonton memang selama ini selalu mengambil tokoh-tokoh pahlawan dari seluruh dunia untuk dijadikan desain karakter di ‘Mobile Legends’. Hingga kini, mereka sudah membuat beberapa karakter berdasarkan pahlawan dari beberapa negara di Asia.

Dimulai dari Yun Zhao yang di adaptasi darfi Zhao Yun (Samkok), Yi Sun Shin dari Korea Selatan, hingga Lapu Lapu dari Filipina. Kali ini giliran pahlawan Indonesia yang akan menjadi karakter terbaru dari game tersebut.

‘Mobile Legends’ memang sangat populer di Indonesia saat ini. Tak ayal pengembang juga memerhatikan Indonesia dengan memberikan hadiah yakni pahlawan dari Indonesia di game ini. Sebelumnya, saat Lapu-Lapu terpilih menjadi karakter baru, beberapa gamer di Indonesia sempat mengajukan saran untuk merilis hero yang berdasarkan legenda atau mitos di Indonesia.
Sebenarnya, banyak desain pahlawan dari Indonesia yang disarankan, tetapi hanya satu karakter yang tampaknya menarik minat Moonton yaitu GatotKaca. Karakter ini sendiri berasal dari pewayangan di Indonesia, ia merupakan anak Bima atau Werkudara, salah satu dari Pendawa Lima. Karakter ini sendiri buka asli dari Indonesia, tetapi dari India yang bernama Gatot katcha.
Namun, kisah perjalanan dari GatotKaca dari seri Mahabarata dan pewayangan Jawa sangat berbeda. Jika di kisah sebenarnya ia berwujud raksasa, maka kisah pewayangan Jawa, GatotKaca merupakan seorang anak sakti yang memiliki badan sekuat besi sejak lahir, bahkan tali pusarnya pun tak bisa dipotong dengan senjata biasa.
Menelusur karakter GatotKaca lebih dalam, ia dijuluki Tetuka karena meiliki tubuh tebal yang semakin dihajar justru semaki kuat. Ia pun pernah ditenggelamkan dalam kawah Candradimuka, tak hanya itu ia juga ditembak oleh para dewa. Namun, yang mengagetkan dirinya dan senjata itu pun melebur menjadi satu, membentuk tubuh yang jauh lebih kuat. Lalu, ia pun dihadiahi beberapa pusaka sakti yang membuatnya bisa terbang.
GatotKaca dulunya dijuluki ‘Otot kawat, Balung wesi’ yang artinya memiliki otot sekuat kawat dan tulang sekeras besi. Dilihat dari julukannya tersebut, Moonton dapat menjadikan GatotKaca sebagai karakter hero Tanker. Namun karena memiliki kemampuan yang sakti, ia juga dapat menjadi Fighter. Diklaim, GatotKaca juga bisa menjadi dua karakter sekaligus yakni seperti Balmond dan Hilda.
Kini sosok kesatria itu diperkuat dengan berbagai peralatan sakti yang tak kalah kuatnya dibanding hero Mobile Legends lainnya. Salah satu perlengkapannya adalah baju zirah Antakusuma yang bisa memberikan kekuatan super. Senjata utamanya adalah pelindung tangan besi kembar Brajamusti dan Brajadenta.
Desain karakternya sendiri yang digunakan adalah wujud GatotKaca karya Is Yuniarto. Salah satu keunggulan dari GatotKaca yang paling umum dan juga terlihat di komik Garudayana adalah kemampuan untuk terbang ke angkasa. Sebagai pemburu ashura (butho atau raksasa), salah satu cara yang paling ampuh untuk menghantam mereka adalah dengan kemampuan terbang. Ia bisa dengan bebas memukul musuh-musuhnya secara telak di wajah karena kemampuannya terbangnya.

Tidak ada komentar